Wednesday, April 10, 2013

Mengatasi dan Menghilangkan Kulit Kering


Kulit kering dan bersisik adalah salah satu masalah kulit yang sering terjadi. Kulit kering dan bersisik sudah tentu menghalangi kita untu tampil menarik, khususnya bagi para wanita. Efek yang terlihat dari kulit kering adalah kulit akan terlihat keriput, kusam, dan tidak segar.

Kulit yang kering dan bersisik biasanya hanya memiliki kadar minyak (sebum) yang sangat rendah dan cenderung cukup sensitif, dan karena tidak dapat mempertahankan kelembabannya kulit akan terlihat kusam. Kulit yang terasa kaku setelah mencuci muka adalah salah satu ciri kondisi kulit kering. Ketika dioles oleh pelembab baru kulit akan tidak lagi terasa kaku.

Berikut adalah beberapa penyebab kulit kering dan bersisik:

1. Faktor Keturunan (Genetik)

Dalam faktor genetik, kondisi bawaan seseorang dipengaruhi oleh orang tua atau anggota keluarga dekat yang lain. Jadi jika ada orang tua anda yang memiliki kulit kering maka anda kemungkinan besar juga akan mempunyai kulit kering.

2. Kondisi Struktur Kulit

Kulit anda akan terkena dehidrasi bila kondisi kelenjar kulit anda tidak mampu memberi cukup librikasi pada kulit. Dan sebagai akibatnya adalah kulit anda menjadi kering

3. Pola Makan

Salah satu pemicu kulit menjadi kering adalah kurangnya nutrisi tertentu terutama sayuran. Jika pola makan anda buruk dan tidak mengandung gizi yang cukup maka anda bisa terkena kulit kering.

4. Faktor Lingkungan

Kulit kering bisa juga disebabkan oleh pengaruh lingkungan seperti udara dingin, terkena sinar matahari terlalu lama, dan lain-lain.

5. Penyakit Kulit

Kulit yang terserang penyakit kulit seperti eksim, prsoriaris, dan lain-lain bisa menyebabkan kulit menjadi kering.



Untuk mencegah kulit kering, berikut adalah beberapa tips berguna untuk mencegah kulit kering dan bersisik:

Sangat dianjurkan untuk menggunakan pelembab setiap hari. Yang harus diperhatikan adalah pilih pelembab yang menggunakan bahan dasar air dan mengandung nutrisi bagi kulit agar tidak kering.

Hindari lingkungan atau ruangan yang memiliki suhu terlalu dingin karena dapat menyebabkan kulit anda bertambah kering.

Olahraga selama sekitar 30 menit tiga kali dalam seminggu sangat di anjurkan agar kulit terlihat segar. Selain itu tubuh anda juga akan sehat.

 Jika anda sering beraktivitas di udara terbuka, gunakan tabir surya yang memiliki SPF minimal 15.

Mengkonsumsi makanan yang terjaga nutrisinya. Anda harus pastikan makanan yang anda konsumsi sehari-hari mengandung vitamin A,B,D, dan E yang cukup agar kulit anda terjaga kelembabannya.

Minum air putih minimal 2 liter dalam sehari, Mengkonsumsi air putih yang banyak akan membantu kulit anda terlihat cerah dan tidak kusam.

Jika tips-tips di atas belum mampu mengatasi masalah kulit kering, sebaiknya anda segera menghubungi dokter spesialis kulit.










No comments:

Post a Comment