Friday, May 17, 2013

ini gan,.Peringkat 6-10 dari 10 Pengusaha Terkaya se-Asia



img
 
Jakarta - Asia merupakan rumah bagi beberapa pasar finansial dengan pertumbuhan ekonomi terkuat dan tercepat di dunia. Hal itulah yang membuat Asia masuk menjadi kawasan super kaya.

Menurut sebuah studi dari Capgemini dan RBC Wealth Management, dua tahun lalu, Asia telah menyalip Amerika Utara sebagai rumah bagi sebagian besar miliuner.

CNBC telah mengumpulkan daftar 10 pengusaha terkaya generasi pertama di Asia dari data yang diberikan oleh Wealth-X, sebuah perusahaan riset yang mendata kekayaan pengusaha dunia.

Total kekayaan dari top 10 pengusaha Asia ini lebih dari US$ 110 miliar. Angka kekayaan bersih didasarkan pada kepemilikan publik dan swasta dan aset lainnya per 1 Maret 2013

Berikut Peringkat 6-10 dari 10 pengusaha terkaya di Asia dikutip detikFinance dari CNBC, Jumat (17/5/2013).

 

6. Masayoshi Son

img
Usia 55 tahun
Kekayaan bersih: US$ 8,8 miliar
Dari: Jepang

Masayoshi Son adalah pendiri dan CEO Softbank, operator seluler ketiga terbesar di Jepang. Ia juga orang terkaya ketiga di Jepang menurut Forbes.

Son merupakan cucu dari imigran Korea yang dibesarkan di daerah barat daya pedesaan Tokyo sebelum pindah ke California untuk menyelesaikan perguruan tingginya dan lulus dari University of California, Berkeley.

Sembari menjalani kuliahnya, saat usianya 19 tahun, Son menciptakan sebuah mesin elektronik penerjemah bahasa yang kemudian ia jual ke perusahaan elektronik Jepang.

Son, kemudian kembali ke Jepang dan mendirikan perusahaan bernama Softbank tahun 1981 yang merupakan perusahaan komputer dan distributor perangkat lunak, yang kemudian menjadi raksasa telekomunikasi dan berinvestasi dalam berbagai perusahaan di industri yang berbeda seperti Yahoo, Aozora Bank dan Nasdaq Jepang. Softbank sekarang memiliki kapitalisasi pasar lebih dari US$ 53 miliar dan Son dilaporkan memiliki lebih dari 20 persen kepemilikan di kelompok usahanya.

Son sempat menjadi pemberitaan di bulan Oktober tahun lalu ketika ia mengumumkan rencana untuk membeli 70% saham operator nirkabel terbesar ketiga di Amerika Serikat, Sprint Nextel sebesar US$ 20,1 miliar.

7. Liang Wengen

img
Usia 56 tahun
Kekayaan bersih: US$ 7,9 miliar
Dari: China

Liang Wengen adalah pimpinan dari Sany Group, salah satu produsen peralatan konstruksi terbesar di China.

Liang dilahirkan dalam keluarga miskin di provinsi Hunan China, tapi berhasil mendapatkan gelar sarjana dan bersama dengan tiga pendiri Sany Group lainnya yang didirikan pada tahun 1989, ia mendirikan pabrik material kecil di provinsi yang sama.

Sejak itu, konglomerat tersebut telah berhasil menumbuhkan perusahaannya menjadi sebuah perusahan global dengan lima industri besar di China, dan lima basis manufaktur di AS, Jerman, India, Brazil dan Indonesia, bersama dengan 21 perusahaan penjualan di seluruh dunia.

Pompa beton buatan Sany Grup digunakan untuk membangun Tiga Bendungan di China, dan mengakuisisi produsen manufaktur Jerman, Putzmeister pada tahun 2012 dan menjadikannya produsen top dunia yang memproduksi pompa beton. Liang memiliki saham 58 persen di Sany Grup. Pada 2012, ia dinobatkan sebagai "economic person of the year" bersama 10 pebisnis lainnya oleh siaran CCTV di China.


8. Wan-Tsai Tsai

img
Usia 83 tahun
Kekayaan bersih: US$ 7,2 miliar
Dari: Taiwan

Wan-Tsai Tsai adalah satu-satunya miliarder Taiwan yang masuk dalam daftar pengusaha terkaya dan merupakan orang terkaya ketiga di Taiwan menurut Forbes.

Tsai yang merupakan mantan legislator, mendirikan Grup Fubon, salah satu konglomerat terbesar di negara itu, yang mendirikan perusahaan asuransi Cathay Insurance tahun 1961. Kelompok ini sekarang memiliki anak perusahaan di bidang konstruksi, telekomunikasi dan media.

Konglomerat Tsai ini telah mendirikan bisnis keluarga bersama dua putranya Daniel dan Richard yang masing-masing punya posisi sebagai ketua dan wakil ketua di perusahaan Fubon Financial yang merupakan induk perusahaan miliknya yang memiliki kapitalisasi pasar sebesar US$ 12,7 miliar.

Pada bulan Maret, Fubon Financial memenangkan persetujuan untuk membeli saham 80 persen di bank China yaitu Firstsino Bank, hal ini merupakan pertama kali diberikan sebuah bank Taiwan untuk membeli saham di Bank China.

9. Sunil Mittal

img
Usia 55 tahun
Kekayaan bersih: US$ 6,5 miliar
Dari: India

Sunil Bharti Mittal adalah pendiri Bharti Enterprises dan ketua perusahaan perkapalan Bharti Airtel, yang juga penyedia layanan seluler terbesar di India. Mittal juga merupakan orang terkaya kedelapan di India menurut Forbes.

Mittal mendirikan kelompok usaha pada tahun 1976, saat usia 18 tahun ia memulai usaha menjadi produsen manufaktur sepeda dengan modal kurang dari US$ 500 dari ayahnya. Taipan 55 tahun itu kemudian mendirikan Bharti Telecom, perusahaan pertama di India yang memproduksi tombol tekan telepon pada tahun 1980-an dan berhasil menciptakan telepon chordless dalam satu dekade kemudian. Kelompok ini sekarang merupakan perusahaan yang layak diperhitungkan dalam bisnis ritel, jasa keuangan dan manufaktur, yang beroperasi di 20 negara.

Berasal dari keluarga kelas menengah di India utara kota Ludhiana, ia menjadi salah satu orang terkaya di India, Mittal mengatakan kepada Times of India pada tahun 2002 bahwa ia memulai semuanya dari sebuah mimpi dan dorongan dari ayahnya untuk yakin bisa melakukan hal-hal besar.


10. Robin Li Yanhong

img
Usia 44 tahun
Kekayaan bersih: US$ 4,9 miliar
Dari: China

Robin Yanhong Li adalah miliarder paling muda dalam daftar pengusaha terkaya di Asia.

Di usia 44 tahun, ia berhasil mendirikan mesin pencari online terbesar di China, Baidu, dengan Eric Xu pada tahun 2000 setelah mengembangkan perangkat lunak untuk perusahaan teknologi AS IDD dan Infoseek di Silicon Valley.

Li meraih gelar master dalam ilmu komputer dari Universitas Negeri New York, sebelum akhirnya menjadi seorang pengusaha. Miliuner ini merupakan ketua dan CEO Baidu, perusahaan yang juga menawarkan layanan online lain seperti pemetaan dan ensiklopedi.

Baidu adalah perusahaan China pertama yang terdaftar di Index Nasdaq100 pada tahun 2007. Hadirnya Google dari pasar China pada tahun 2010, membuat Baidu menjadi situs pilihan nomor satu untuk layanan pencarian internet berbahasa China.

Pada tahun yang sama, Li merupakan salah satu dari 100 orang paling berpengaruh versi majalah Time sebagai mesin pencarian internet di China. Baidu memiliki sekitar 80% dari pasar pencarian online China.

Li memiliki 16% saham di Baidu, yang memiliki kapitalisasi pasar hampir US$ 30 miliar. Kekayaannya juga termasuk saham yang dimiliki oleh istrinya, Melissa Ma.



sumber | baruuniks.blogspot.com | http://finance.detik.com/read/2013/05/17/083344/2248433/68/ini-dia-10-pengusaha-paling-tajir-di-asia--1-?f990101mainnews

No comments:

Post a Comment