Wednesday, June 5, 2013

Persiapan-Persiapan Sederhana Untuk Backpacker

http://tipscaracepathamilsecaraalami.blogspot.com/2013/06/persiapan-persiapan-sederhana-untuk.htmlAsalasah ~ Backpacking sepertinya telah menjadi tren baru bagi banyak orang yang mendambakan liburan seru dengan budjet murah. Tak jarang kegiatan ini dilakukan secara berkelompok, lewat komunitas ataupun teman sepermainan. Namun tentu tak mudah pada awalnya untuk sekedar mempersiapkan barang bawaan, seorang backpacker memiliki cara tersendiri, bahkan bisa disebut seni dalam menyusun barang bawaan. Destinasi yang ditujupun tak hanya di dalam, namun hingga ke manca negara. Seorang backpacker memiliki jaringan yang luas, yang bisa diperoleh lewat media jejaring sosial dan juga komunitas maya.

Bagi Anda semua yang ingin mencoba pengalaman baru berpetualang tentu perlu memahami beberapa hal dasar yang wajib dimengerti oleh seorang backpacker. Bahkan yang telah berpengalaman pun tetap memegang teguh prinsip-prinsip berikut ini.

Perlengkapan dasar
Apa yang dibawa oleh seorang backpacker tentu saja sangat dibatasi. Memaksimalkan ruang dalam tas ransel memerlukan teknik dan cara tersendiri. Membawa pakaian yang bisa dilipat rapi hingga tidak memakan banyak tempat. Selain itu bawa pakaian yang mudah kering, sehingga Anda dapat mencucinya saat ada waktu memungkinkan. Kemas atau packing sedemikian rupa dengan rapi sehingga mudah untuk digunakan.

Hal dasar yang perlu disiapkan juga adalah jaket, dan sarung. Keduanya tidak hanya menjadi pelindung tatkala dingin, namun juga melindungi diri Anda dari panas sinar matahari atau bahkan sebagai bantal saat dalam perjalanan. Sedangkan sarung dapat digunakan untuk beribadah, dan juga selimut saat Anda tidur.

Membawa uang kecil

Sebagai seorang backpacker, pengeluaran harus seminimal mungkin dilakukan. Hal tersebut akan mempengaruhi transaksi yang kemudian Anda lakukan. Susun bekal uang kecil Anda sedemikian rupa di beberapa tempat berbeda agar lebih aman, sekaligus untuk mengatur pengeluaran Anda selama liburan. Beberapa tempat seperti kantong kecil dalam tas, di sela-sela buku catatan perjalanan, ataupun di dalam kaus kaki. Selain itu, hal ini akan dapat menjaga diri Anda dari kejahatan pencurian yang mungkin bisa terjadi.

Peta perjalanan
Peta akan menjadi petunjuk perjalanan Anda. Meskipun saat ini sudah dikenal GPS ataupun handphone yang dilengkapi dengan peta digital. Namun, peta tetap menjadi pilihan. Sekaligus dikarenakan tidak akan banyak membutuhkan baterai, ataupun dapat menarik perhatian pencuri barang-barang elektronik. Peta dapat diperoleh di pusat informasi turis, dengan berbagai macam jenis dari mulai peta lokasi, hingga peta informasi wisata.

Suplemen dan obat-obatan
Suplemen selama perjalanan panjang harus disediakan secara mandiri. Ketahanan fisik dan stamina harus didukung oleh konsumsi vitamin serta nutrisi pendukung lain untuk menjaga kesehatan Anda. Obat-obatan pribadi apabila Anda memiliki penyakit tertentu mutlak harus dibawa sekaligus kartu asuransi serta kartu golongan darah. Makanlah makanan yang bergizi mengandung serat selama liburan. Jangan terlalu banyak mengkonsumsi makanan instan yang menyebabkan Anda cepat lapar dan kurang bernutrisi. Carilah informasi tentang restoran murah yang menawarkan menu lokal yang unik dengan rasa yang lezat dan tentu keterampilan Anda untuk bertanya dan mencari informasi adalah penting.

Jaga diri Anda dari belanja tidak perlu
Dorongan untuk membeli barang souvenir ataupun barang-barang unik di lokasi liburan tentu adalah hal wajar. Namun perlu diketahui bahwa Anda hanya membawa ransel. Dan ini tentu akan merepotkan perjalanan Anda apabila Anda harus membawa beberapa tas sekaligus. Terlebih apabila Anda pergi sendiri atau dengan beberapa teman yang juga memiliki barang bawaan sendiri. Jaga diri Anda untuk belanja banyak barang. Cukup membeli satu/2 jenis cendera mata sebagai kenang-kenangan dan perbanyak foto sebagai kenangan sekaligus catatan Anda untuk dibagi dengan rekan-rekan agar bisa mengunjunginya.

Baca Juga:  

No comments:

Post a Comment